Kesetaraan, Keragaman, Inklusivitas

Blue Ventures telah lama berupaya untuk tanggap terhadap ketidakadilan sosial yang telah mengganggu kerja konservasi baru-baru ini. Kami percaya bahwa dengan mempromosikan kesetaraan, keragaman, dan inklusi (equality, diversity and inclusion/EDI) kita tidak hanya melawan ketidakadilan, tetapi juga menciptakan gerakan konservasi yang lebih berkarakter dan berdampak, dipimpin oleh organisasi-organisasi yang telah sukses menerapkan keragaman dalam tim dan otonomi masyarakat yang mereka layani.

Misi dan nilai yang kami pegang sejak didirikan adalah pemberdayaan dan mobilisasi komunitas. Meskipun kami selalu berusaha untuk selalu mengutamakan nilai-nilai tersebut dalam apapun yang kami lakukan, kami mengakui bahwa ketidakadilan dan ketidaksetaraan masih saja terjadi di pekerjaan, organisasi, dan sektor tempat kami bekerja.

Pada September dan Oktober 2020, kami memfasilitasi serangkaian diskusi kelompok dan mengundang rekan-rekan sejawat untuk berbagi pengalaman mereka dalam mempromosikan kesetaraan, keragaman, dan inklusi di Blue Ventures. Lebih dari 160 orang anggota staf (60% dari tim global kami) berkontribusi dalam diskusi dan survei rahasia yang dikirim ke semua staf. Kami berterima kasih kepada rekan-rekan sejawat yang menyuarakan pendapat mereka, berbagi pengalaman pribadi, dan menjelaskan hal-hal yang dapat kami lakukan untuk dapat berkembang sebagai sebuah organisasi.

Perubahan akan membutuhkan komitmen, refleksi, serta kejujuran dengan diri kita sendiri dan komunitas tempat kita bekerja. Selain itu, diperlukan juga kemauan untuk mengakui kebenaran walaupun hal tersebut tidak menyenangkan. Kami berkomitmen untuk secara aktif dan terbuka menangani semua bentuk diskriminasi—termasuk rasisme struktural—mulai dari dalam organisasi kami. Tentunya hal ini kami lakukan dengan dikawal oleh perwakilan orang kulit hitam, pribumi, dan orang kulit berwarna (Black, Indigenous and People of Color/BIPOC) di tim kami, mitra, serta komunitas yang kami layani. Dengan demikian, kami dapat melanjutkan perjalanan untuk mendukung gerakan konservasi laut yang adil dan inklusif yang benar-benar mewakili pengalaman nelayan skala kecil dan komunitas pesisir di seluruh dunia.

Dengan mengikuti refleksi yang dilakukan dalam tim, kami mengambil langkah-langkah berikut untuk memperkuat promosi kesetaraan, keragaman, dan inklusi di Blue Ventures:

  • – Kami telah menciptakan program dalam sistem komunikasi internal kami untuk mendorong rekan-rekan sejawat berbagi sumber daya, artikel, film, dan pemikiran yang berguna terkait isu keadilan sosial dan bagaimana hal tersebut bersinggungan dengan pekerjaan kami. Kami ingin memastikan program ini inklusif dan mudah diakses. Oleh karena itu, kami berharap fungsinya akan terus berkembang saat kami menerima umpan balik dari para rekan-rekan sejawat.
  • – Sekarang kami memastikan bahwa semua lamaran pekerjaan yang masuk akan dianonimkan melalui proses shortlisting. Kami membuat uraian pekerjaan yang gender-netral untuk mencegah bias dari peninjau. Kami juga menyertakan tautan pada sistem pelacakan pelamar pekerjaan untuk staf kami, yang mencakup video pengantar tentang bias yang tidak disadari, keragaman, inklusi dan kepemilikan, dan alat untuk membantu dekode iklan pekerjaan berdasarkan gender. Kebijakan rekrutmen kami mencakup non-diskriminasi dan penekanan pada keragaman.
  • – Kami telah membentuk Kelompok Kerja EDI untuk mempromosikan, memperjuangkan, dan mendorong kesetaraan, keragaman, dan inklusi dalam tiap pekerjaan yang kami lakukan. Grup ini mewakili keragaman tim global kami dengan 15 anggota staf dari berbagai tingkat senioritas, termasuk setidaknya satu perwakilan dari masing-masing lima negara Blue Ventures.

Kelompok kerja ini bertanggung jawab untuk: 

  • – Mempertimbangkan masalah, perhatian, dan gagasan yang muncul selama diskusi kelompok yang dilakukan pada September dan Oktober 2020.
  • – Mengidentifikasi prioritas isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi serta mengidentifikasi kesenjangan dalam kebijakan dan prosedur yang ada.
  • – Mengembangkan rencana tindakan untuk ditinjau oleh penasihat eksternal untuk isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi pada akhir tahun keuangan (financial year) 2021 kami.
  • – Mendukung implementasi rencana aksi untuk isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi.
  • – Berpartisipasi dalam pelatihan terkait isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi, seperti bias yang tidak disadari, keragaman dan inklusi.
  • – Memperjuangkan isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi di seluruh organisasi serta meminta masing-masing orang untuk bertanggung jawab dalam menciptakan budaya kerja yang setara, beragam dan inklusif.
  • – Memantau dan mengkomunikasikan statistik terkait isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi yang telah disetujui oleh Kelompok Kerja EDI kepada organisasi yang lebih luas.
  • – Mewakili Blue Ventures secara eksternal dalam hal-hal yang terkait dengan isu kesetaraan, keragaman, dan inklusi.

Untuk melepaskan sikap yang tidak sesuai dengan prinsip kesetaraan, keragaman, dan inklusi yang telah mengakar dalam dan praktik organisasi adalah sebuah perjalanan panjang. Kami pun bertekad untuk tetap berpikiran terbuka dan dapat terus memperbaiki diri sebagai sebuah organisasi. Kami secara aktif bekerja untuk memastikan bahwa kesetaraan, keragaman, dan inklusi adalah landasan hubungan profesional kami, baik dalam internal Blue Ventures maupun dalam kemitraan kami.